Etika Berpakain ke Pesta

Heiiiihoo, selamat malam (masih) dari Surabaya ;)

Mau nanya dong, pernah ga datang ke acara kondangan atau ke pesta/resepsi pernikahan? Biasanya pakaian seperti apa yang kalian pakai? Kebaya modern? Gaun pesta? Mini dress? Long dress? Trus sepatunya yang gimana? Flat shoes? High heels? Wedges?

pakaian pesta

image taken here

Yah, pasti sebagian orang YANG TAU ETIKA BERPAKAIAN pastilah tampil ‘menarik’ dan sopan tentunya yah? Kenapa harus begitu? Kenapa lagi kalau bukan untuk menghargai yang punya pesta? Menghargai pangeran dan putri semalam yang sudah mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan juta untuk mengadakan resepsi yang layak untuk tamu-tamunya. Trusssssssssssssssss, kenapa masih ada orang pergi ke pesta dengan pakaian lusuh, jeans busuk dan kaos? Demi apaaaaa???? :(

Bulan lalu aku menghadiri acara resepsi pernikahan, dan aku sangat kaget melihat seorang wanita duduk dibarisan tamu dengan pakaian kayak model baju hamil yang mesti pake dalaman itu dan leging selutut serta sendal bertali. Bajunya tentu saja tidak terlihat baru dan leging itu… leging pendek itu membuat aku bertanya-tanya dalam hati “itu dia serius pake baju begituan ke pesta nikahan orang?”

Aku dan seorang temanku saling berpandangan dan kemudian aku bisikin “dikira mau ke warung sebelah apa?”. Iya, aku kalau mau ke ramayana disimpang kostanku aja masih lebih rapi, setidaknya masih pakai celana jeans dan kaus yang masih layak pakai, ga busuk begitu. Kasihan kan pengantinnya, riasannya aja harga juta-an, tapi yang berpose disebelahnya kayak ga ada niat banget buat tampil “LAYAK”.

Trus, tahun lalu juga aku datang ke nikahan seorang temanku. Sebenarnya si teman itu sudah ngadain pesta adat di kampung halamannya sana, jadi di Jakarta cuma sekedar resepsi aja. Tapi kan diundangannya dibuat “RESEPSI PERNIKAHAN”, jadi aku datangnya pake mini dress, heels, dan make-up minimalis *biar ga dikira ondel-ondel*. Yang lain gimana? Kebanyakan cuma pakai celana jeans, meski atasannya kelihatan bagus dan mereka ber-make-up dengan cantik, pakai heels, tapi ternyata tetap saja membuat si pengantin ga puas. Dia tarik aku sambil bilang,

“iiihhhhhhhhh, aku sebal banget sama tamu-tamu malam ini, masa pakai jeans semua? :(“

Iya, pengantin itu sebal melihat tamunya seolah gak menghargai dia dan acara yang dianggapnya istimewa itu.

“Aku pengennya tamuku kayak kau, si ini, dan si itu, kan cantik kelihatannya. Aku ga mau berfoto sama mereka, sama kalian ajaaaa :(

Reaksiku? Speechless kakak…. kasihan juga sama dia, ternyata malam itu tak seindah dugaannya. Dan dari situlah aku tau, bahwa sudah seharusnya aku menghargai setiap pengantin yang ku hadiri resepsinya. Trus pernah ga aku datang ke respsi pernikahan dengan memakai celana? Pernah, waktu itu acara nikahan teman SMA-ku, itu karena keadaan terpaksa, harus naik motor pulangnya jadi ga memungkinkan untuk pake mini dress. Tapi aku ga pakai jeans, pakainya celana buat ke kantor, pakai heels juga, jadi tetap masih kelihatan kesan formalnya. Itu juga agak deg-deg-an, takut si pengantin kecele alias kecewa lihat aku datang pakai celana gitu.

Yah gitu deh, intinya sih disarankan untuk berpakaian yang LAYAK lah kalau ke pernikahan orang lain, supaya si pengantin tambah bahagia melihat temannya kelihatan cantiiiiik semua. Trus untuk pria bagaimana? Ya sebaiknya menyesuaikan juga, pakai jeans sih ga dilarang tapi sebaiknya atasannya kemeja saja biar lebih sopan gitu.

Trus kira-kira aku siapa ngatur-ngatur orang berpakaian ini dan itu? Aku sih bukan siapa-siapa, tapi mendingan mana cobak, kalian pakai pakaian yang sopan dan menarik atau pas ketemua salah satu dari kalian dikondangan dengan pakaian lusuh trus besoknya ku tulis di blog ku? Hahahahaha *ketawa setan*

8 thoughts on “Etika Berpakain ke Pesta

  1. Iya kalo kawinan sih bisa dibilang kan pesta resmi yaa, jadi seharusnya sih bajunya juga yang formal gitu, atleast semi-formal lah kalo lagi males.. Kecuali emang yang punya acara bilang gpp kalo ga santai, baru deh.. Setidaknya kita ga gitu yaaa.. (kitaaaaaa??) hahaha

    • mbak be, di Indonesia masih jarang ada pengantin yang bilang ‘udah gpp pakaian santai aja’, kayaknya juga ga ada deh, hahahaha…. itu kemaren asli parah banget mbak, sampe ngangak gitu kita lihat dia pakai baju begitu.

  2. Iya juga sih….

    Karena dari pakaian juga bisa nilai mau serius menghadiri undangan atau baru bangun tidur… hehehe :-)

    tp klo saya, krn saya cowok, biasanya pakek jean dan dipadu dengan baju Batik….. atau pakai celana kain hita, dipadu dengan pakaian lengan resmi gitu… :-) cma saya tidak selalu pakai celana kain…. seringnya simple aja, Jean dan batik :-)

    by the way, ancamannya ngeri juga ya… bisa langsung masuk list di blog… wkwkwkwk :-)

    • hasian cinduth says:

      kan atasannya masih pakai batik ya mas? Kalau cowok mah ga papa, masih mendingan begitu… ya kan? *iyain ajalah daripada masuk list blog wkwkw :p

  3. Kalo kawinan di medan pasti aku pake kebaya pas di jawa pake gaun n selalu sandal high heels blink2 hihi. Niat bgt sih kl kondangan abis bener kata km dek, kesian pengantennya. Kan kita jg pdngen menghargai mrk ya

Leave a Reply

